Masjid Kubah Emas

Masjid kubah emas
Tahukah anda tentang masjid kubah emas ?? apa yang ada di masjid kubah emas ?? di mana lokasi masjid kubah emas tersebut ?? . masjid kubah emas adalah nama lain dari masjid dian al – mahri yaitu sebuah bangunan masjid yang berlokasikan di Jl.meruyung, limo, depok. Selain menjadi tempat beribadah umat muslim sehari-hari, masjid kubah emas ini juga menjadi kawasan wisata bagi keluarga dan menjadi daya tarik banyak orang terutama penggemar traveling. Yang menarik pada masjid kubah emas ini adalah kubah-kubahnya terbuat dari emas. Bahkan emas yang di gunakan juga emas yang mempunyai karat sangat tinggi. Selain terkenal dengan kubahnya yang terbuat dari emas, lokasi masjid kubah emas ini berada di area yang sangat luas dan bisa di akses untuk umum, maka dari itu masjid kubah emas ini menjadi tujuan saat liburan tiba atau bisa juga hanya sekedar menjadi tempat istirahat setelah menempuh perjalan jauh.

1. sejarah masjid kubah emas di depok
Masjid kubah emas ini di bangun oleh pengusaha asal banten , yang katanya telah membeli tanah untuk di bangun masjid ini sekitar tahun 1996. Masjid ini di bangun mulai tahun 2001 dan berakhir sekitar tahun 2006. Namun masjid ini mulai di resmikan dan di buka untuk umum pada tanggal 31 desember 2006 tepatnya hari raya idul adha. Luas keseluruhan masjid kubah emas ini adalah 50 hektare, bangunan masjid ini mempunyai luas area sebesar 60×120 meter atau kira-kira sekitar 8000 meter pesegi. Terlihat dari luas area masjid ini bisa menampung kurang lebih sekitar 20.000 jamaah . karena masjid ini terkenal dengan masjid kubah emas karena kubahnya dari emas asli masjid ini sering di sebut dengan masjid termegah di asia tenggara.

2. arsitektur bangunan masjid kubah emas
Masjid kubah emas ini mempunyai 5 kubah. Satu kubah utama yang besar dan 4 kubah kecil di sekelilingnya. Hal yang paling terunik pada masjid ini adalah seluruh kubah baik kubah utama maupun kubah kecil lainya di lapisi dengan emas setebal 2 sampai 3 milimeter dan mozaik Kristal. Sementara 4 kubah kecil lainya berdiameter bawah 6 meter, tengah 7 meter dan tinggi 8 meter . di area dalam masjid ini akan di suguhkan dengan lampu gantung yang berasal dari italia dengan berat sekitar 8 ton. Selain itu ada relief hiasan di atas tempat imam juga terbuat dari emas yang terbuat dari emas yang mempunyai karat 18. Sedangkan mahkota pada pilar masjid ini dengan jumlah 168 buah yang berlapis prado dan sisa emas. Di tengah ruang masjid kubah emas ini terdapat gantungan lampu yang bahan pembuatanya dari kuningan yang berlapiskan emas dengan berat sekitar 2,7 ton. Cirri lain dari masjid kubah emas ini selain kubahnya yang terbuat dari emas adalah gerbang masuk masjid ini berupa portal hiassan geometris serta obelisk yang di gunakan sebagai ornament.

3. biaya pembuatan masjid kubah emas
Biaya pembangunan masjid kubah emas ini di perkirakan mencapai ratusan miliar rupiah. di lihat dari bangunan yang terlihat megah. Luas bangunannya sendiri sekitar 8 hektar dan mempunyai luas tanah sekitar 60 hektare. Bahkan masjid ini menjadi masjid terbesar di asia tenggara yang mengalhkan masjid istiqlal Jakarta.